Pages

Habib. Powered by Blogger.

Wednesday, October 10, 2012

Cara Ampuh Jaga Kesehatan Gigi Anak

UMUMNYA anak-anak sangat sulit jika diajak untuk menyikat gigi. Padahal mereka suka sekali makan permen, cokelat, atau makanan manis lainnya yang tentu dapat merusak gigi. Berikut ini cara untuk menjaga gigi anak Anda tetap sehat.

Tidak ada yang bisa menghentikan anak-anak saat mengonsumsi makanan manis. Namun, terlalu banyak konsumsi gula dapat membuat gigi mereka berlubang. Ada empat tips sederhana yang bisa Anda lakukan untuk menjaga gigi anak Anda sehat, seperti yang dilansir Magforwoman.

Dorong anak untuk menyikat gigi dua kali sehari

Menyikat gigi dua kali sehari adalah tips paling penting untuk perawatan gigi. Setiap anak harus dibiasakan menyikat gigi minimal dua kali sehari. Anda harus menjadi panutan bagi anak Anda, agar anak mau mengikuti anjuran ini. Lakukan kegiatan ini bersama-sama setiap hari untuk membiasakan anak Anda.

Temukan sikat gigi yang tepat

Sangat penting untuk memilih sikat gigi yang tepat untuk anak Anda. Jangan memberikan sikat gigi untuk orang dewasa, karena bulu dan ukuran sikat tentu akan berbeda. Agar menarik, berikan sikat gigi dengan tokoh kartun favoritnya.

Perhatikan apa yang anak Anda makan

Kesehatan gigi anak Anda tergantung pada jenis makanan dan minuman yang ia konsumsi. Anda harus menyertakan buah-buahan dan sayuran dalam diet anak Anda. Plak dan perubahan warna gigi terjadi ketika mulut mengalami kontak terlalu sering dengan gula. Hal ini menciptakan bakteri dan asam yang merusak gusi. Anda harus mencegah anak dari permen atau minuman dengan kafein.

Kunjungi dokter secara teratur

Anak-anak maupun orang dewasa cenderung menghindari mengunjungi dokter gigi. Padahal mengunjungi dokter gigi sangat penting untuk mengetahui kondisi kesehatan gigi Anda. Bagaimanapun, bujuk anak Anda dan berikan pengertian bahwa dokter gigi tidak menyeramkan seperti apa yang anak Anda bayangkan.

1 comments:

  1. @uii profile > sama" gan sharing aja, saya mahasiswa fakultas ekonomi di Universitas Negeri Malang

    ReplyDelete

ShareThis