KOMUNIKASI MERUPAKAN PEKERJAAN MANAJER
Komunikasi yang dilakukan manajer diarahkan oleh tujuan,
yang berarti bahwa komunikasi itu mengarahkan perhatian semua orang kepada
visi, nilai-nilai, dan tujuan yang dikehendaki oleh tim atau organisasi, serta
mempengaruhi orang lain untuk bertindak sehingga mencapai tujuan.
Percakapan strategis (strategic conversation)
Adalah dialog yang dilakukan oleh orang – orang di luar
batas dan tingkar hierarkis mengenai visi tim atau organisasi, tema – tema
strategis penting, dan nilai – nilai yang membantu dalam mencapai tujuan –
tujuan penting.
Apa yang Dimaksud dengan Komunikasi?
Komunikasi adalah proses pertukaran dan pemahaman informasi
yang dilakukan oleh dua orang atau lebih, biasanya dengan tujuan memotivasi
atau mempengaruhi perilaku. Komunikasi bukan hanya mengirimkan informasi.
Mengetahui perbedaan antara berbagi dan membuat pernyataan sangat penting bagi
kesuksesan manajemen.
PROSES KOMUNIKASI
Dua unsure penting disetiap situasi komunikasi adlah
pengirim dan penerima. Pengirim adalah siapapun yang ingin mengemukakan idea
tau konsep kepada orang lain, mencari informasi, maupun mengungkapkan pikiran
atau emosi. Penerima adalah orang yang menjadi tujuan informasi.
Dalam proses komunikasi ada unsir penting yang harus ada :
·
Menyandikkan (encodes)
·
Pesan (message)
·
Saluran (channel)
·
Menafsirkan (decodes)
·
Umpan balik (feedback)
BERKOMUNIKASI DENGAN ORANG LAIN
Agar manajer dapat berkomunikasi secara efektif, merka harus
memahami bagaimana factor – factor seperti saluran komunikasi, kemampuan
persuasi, perbedaan gender, perilaku nonverbal, dan menyimak semuanya dapat
memudahkan atau menyulitkan komunikasi.
Meruntuhkan
kendala bahasa
Berikut ini adalah panduan yang dapat membantu anda dalam
berbicara, dan menyimak dengan lebih efektif.
Ø
Buatlah pesan anda
sederhana
Ø
Perhatikan pesan nonverbal
anda dengan seksama
Ø
Berbicaralah dengan pelan
dan hati – hati
Ø
Gunakan jeda
Ø
Lawan godaan untuk
berteriak
Ø
Perhatikan raut muka dan
bahasa tubuh, namun ingat bahwa kedua tanda-tanda itu berbeda-beda disetiap
budaya
Ø
Sering – seringlah menguji
pemahaman, dan mintalah umpan balik
Saluran komunikasi
Kemampuan setiap saluran untuk menyampaikan informasi
berbeda-beda. Sama seperti karakteristik fisik sebuah pipa membatasi jenis dan
jumlah zat cair yang dapat dialirkannya,karakteristik fisik saluran komunikasi
juga membatasi jenis dan jumlah informasi yang dapat disampaikan melaluinya.
Hierarki Kekayaan Saluran
Kekayaan saluran (channel richness) adalah jumlah informasi
yang dapat disiarkan selama satu periode komunikasi. Olah pesan (instant
messaging – IM) memungkinkan pengguna untuk melihat siapa saja yang terhubung
ke jejaring dan berbagi pesan singkat atau dokumen dengan mereka secara instan.
Memilih Saluran yang Sesuai
Penting bagi manajer untuk memahami bahwa masing-masing
saluran komunikasi mempunyai kelebihan dan kekurangan dan masing – masing
saluran tersebut dapat menjadi sarana komunikasi yang efektif.
Komunikasi Nonverbal
Bahasa tubuh merupakan salah satu aspek komunikasi
nonverbal. Komunikasi Nonverbal (nonverbal communication) adlah pesan yang
lebih banyak dikirim lewat tindakan dan perilaku manusia dari pada lewat
kata-kata.
Tiga tanda – tanda komuikasi dalam komunikasi tatap muka :
ü
sumber verbal
ü
vocal
ü
raut muka
menyimak
menyimak salah satu sarana terpenting bagi komunikasi
manajer adalah menyimak pegawai maupun konsumen.
Menyimak (listening) melibatkan
keahlian memahami fakta maupun perasaan untuk menafsirkan makna asli suatu
pesan.
KOMUNIKASI ORGANISASI
Saluran Komunikasi Formal
Saluran komunikasi formal (formal communication
channel) adalah saluran yang berjalan pada rantai komando atau tanggung
jawab tugas yang diberikan organisasi.
Komunikasi Ke Bawah
Komunikasi ke bawah (downward communication)
aliran komunikasi formal paling karab dan jelas adalah sebutan untuk pesan dan
informasi yang dikirimkan dari manajemen puncak kepada bawahan ke arah bawah.
Komunikasi kebawah biasanya mencakup lima topic berikut :
1.
implementasi tujuan dan
strategi
2.
instruksi dan dasar
pekerjaan
3.
prosedur dan praktik
4.
umpan balik kinerja
5.
indoktrinasi
Komunikasi ke Atas
Komunikasi ke atas (upward communication) formal
meliputi pesan – pesan yang mengalir dari tingkat hierarki organisasi yang
lebih bawah ke tingkt yang lebih tinggi.
Lima jenis komunikasi ke atas adalah :
1.
masalah dan pengecualian
2.
saran perbaikan
3.
laporan kinerja
4.
keluhan dan perselisihan
5.
informasi keuangan dan
akuntansi
Komunikasi Horizontal
Komunikasi horizontal (horizontal communication)
adalah pertukaran pesan secara literal dan diagonal antara sesame pegawai.
Komunikasi horizontal dibagi kedalam tiga kategori :
v
pemecahan masalah di dalam
departemen
v
komunikasi antar departemen
v
inisiatif perubahan dan
perbaikan
Saluran Komunikasi Tim
¯
jaringan tersentralisasi
¯
jaringan terdesentralisasi
Saluran Komunikasi Pribadi
Ø
jaringan pribadi
Ø
selentingan
Ø
komunikasi tertulis
Membangun Jaringan Komunikasi Pribadi
Personal networking berarti diperoleh dan dipupuknya
hubungan pribadi yang menembus batas – batas departemen, hierarkis, dan bahkan
organisasi.
Ada beberapa saran dari seorang ahli membangun jaringan
komunikasi:
1.
bangunlah jaringan sebelum
anda memerlukannya
2.
jangan pernah makan siang
sendirian
3.
buatlah solusi menang –
menang
4.
fokuslah terhadap
kebaragaman
Komunikasi Tertulis
Saran – saran untuk
meningkatkan keahlian seorang manajer dalam menulis :
ü
hormati pembaca
ü
ketahui poin anda dan
langsung membahasnya
ü
menulislah dengan jelas
bukan mengesankan
ü
miliki opini kedua
INOVASI DALAM KOMUNIKASI ORGANISASI
Dialog
Dialog (dialogue) adalah proses komunikasi
kelompok yang di dalamnya orang – orang
menciptakan aliran makna yang memungkinkan mereka saling memahami dan berbagi
sudut pandang.
Komunikasi Krisis
Para menajer dapat mengembangkan empat keahlian utama dalam
mengomunikasikan krisis
ü
jagalah focus anda
ü
tetap terlihat
ü
ungkapkan kebenaran meski
pahit
ü
komunikasikan sebuah visi
masa depan
Umpan balik dan Pembelajaran
Umpan balik terjadi ketika para manajer menggunakan evaluasi
dan komuikasi untuk membantu para individu dan organisasi belajar dan
berkembang.
Iklim Kepercayaan dan Keterbukaan
Peratama, hal terpenting yang dapat dilakukan para
manajer untuk memperbaiki komunikasi organisasi adalah menciptakan iklim
kepercayaan dan keterbukaan.
Kedua, para manajer harus mengembangkan dna
menggunkan saluran – saluran komunikasi formal ke semua arah.
Ketiga, para manajer harus mendorong penggunaan
saluran berganda, termasuk komunikasi
formal dan informal.
Keempat, struktur harus cocok dengan kebutuhan
komunikasi
Terimakasih, sangat membantu saya :)
ReplyDelete